Gambar 7 Bayi Tertawa Riang

Tujuh Bayi

Arti tawa menyimpan seribu makna, tapi tetawa terhadap bayi yang kita cintai membuat kita bahagia. Karena bayi kita tumbuh sehat dan cerdas. Dari uraian yang pernah saya baca bahwa tertawa dapat meyehatkan jantung kita. 

"Penyebab serangan jantung diantaranya adalah stress, yang memicu kerusakan endothelium pembuluh arteri jantung dan mendorong terciptanya kolesterol dalam pembuluh darah dengan tertawa bisa menghasilkan zat kimia ( kemungkinan nitioksida ) yang dapat memperlancar peredaran darah.

Saat stress keluarlah hormon adrenalin yang menyebabkan jantung berdebar keras. Saat tertawa tubuh melepaskan hormon adrenalin dan secara otomatis tercipta efek antiadrenalin, ketegangan mereda dan tekanan darah menurun, menurut Direktur Centre for Preventive Cardiology Maryland Medical Centre Baltimore, Dr M Miller".

Ibu merupakan orang tua yang terdekat dengan bayi, disetiap bayi membutuhkan ibu selalu hadir setiap saat. Sehingga ikatan batin yang paling kuat adalah Ibu, bayi mencontoh serta meniru yang berada disekelilingnya. Ibu mengunakan bahasa isyarat untuk berbincang dengan bayi tersayangnya, kadang diajak bicara dikala ingin mengetahui bahwa bayinya sedang memperhatikan Ibu. Tapi kadang Ibu mengajaknya bercanda sehingga tawa terdengar keluar dari mulut bayi. Bayi mulai melihat serta mendengar dari komunikasi antara ibu yang mengajaknya bicara, kemudian bayi mulai mencerna lalu meniru dari yang dilihatnya. Maka kadang kita mendengar bayi yang diajak bercanda sedikit langsung tertawa lebar, tak kadang ada yang tertawa terkekeh-kekeh karena keasikannya.

Ternyata selain bahagia mendengar tawa bayi, banyak manfaat dari tawa tersebut yang diantaranya :
  • Tertawa bagi bayi selama satu menit dia telah melakukan olahraga selama dua puluh menit. Tawa bayi merupakan olahraga yang tidak disadari bukan.
  • Tertawa dapat merangsang dalam otak bayi sehingga dapat memproduksi hormon yang bisa memicu melepaskan endorfin ( Zat pembunuh rasa sakit ).
Maka dari itu tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Lebih baik kita menikmati hidup tanpa beban seperti bayi-bayi yang tertawa lepas tanpa alang rintang. Buatlah orang lain bahagia dengan canda dan tawa, senyuman arti kebahagian hidup membuat kita lebih bersemangat. Dari pada menangis merenungi apa yang terjadi dengan kita saat ini. Langkah kehidupan masih panjang terbentang dihadapan kita, jangan cepat putus asa.