Rapat Komite Sekolah, Guru dan Orang Tua Murid

Rapat Sekolah
Informasi akan diadakan Rapat Komite Sekolah diberitahukan oleh setiap murid kepada orang tuanya masing-masing. Sehingga dengan tersampaikannya informasi tersebut, Rapat yang diharapkan dapat dihadiri oleh semua orang tua murid. Adapun maksud dan tujuannya adalah menyampaikan berita secara langsung agar supaya informasi menjadi lebih jelas dan tidak simpang siur, karena disebabkan pesan berantai yang kadang bisa ditambah atau pun berkurang karena perekaman setiap orang pasti berbeda-beda. Pelaksanaan akan rapat tersebut diselenggarakan pada hari sabtu tanggal 24 Januari 2015 pukul 09:00 tepat. Di pagi hari anak sudah mengingatkan kembali akan adanya pelaksaan tentang tersebut, Ayah jangan lupa yach, Harus datang tepat waktu. Maka daripada itu biar anak mempunyai rasa hormat terhadap waktu dan kedisiplin yang akan terpatri bila ditanamkan sedari dini. Makanya saya coba untuk menepati segala hal yang diinginkan anak kebaggaan keluarga untuk masa depan yang lebih baik bagi keluarga dan tentunya bagi diri anak. Tepatnya pukul 06:00 anak sudah bergegas bersiap diri untuk mempersiakan keperluan kelengkapan alat tulis disekolah walaupun dia tahu bahwa pelaksaan belajar dan mengajar tidak akan full seperti jadwal biasanya, disebabkan akan ada rapat orang tua dan guru.

Setelah semua beres terutama sarapan pagi yang tidak boleh dilewati walaupun hanya beberapa suap yang masuk ke perut kita ini. Karena sarapan pagi paling bagus untuk menjaga setamina kita setelah tidur pulas dimalam hari. Lalu berguna juga untuk kosentrasi belajar disekolah, sehingga kita dapat fokus terhadap pelajaran yang akan diberikan oleh guru kita. Selain dari itu juga kita terhindar dengan sakit maag pada tubuh kita masing-masing. Setelah pukul 06:30 kitapun berangkat menuju sekolah, saya mengantar anak dengan penuh semangat biar anak temotivasi dalam belajarnya kelak. Tak lupa kita memberi masukan terhadap pelajaran yang mungkin menjadi beban mata pelajaran yang sangat menyulitkan bagi dirinya. Segala sesuatu yang belum kita ketahui bila kita terus belajar dan mencoba mencari jalan keluarnya pasti kita dapat menghasilkan sesuatu yang kita cari bukan. Setibanya disekolah kurang lebih 06:45 kita langsung masuk menuju halaman sekolah, dan saya hanya hanya bisa berdoa dan menatap anak untuk mencari ilmu dikelasnya untuk diberi bimbingan oleh guru disekolah.

Selepas mengantar anak sekolah dengan waktu menunggu yang masih panjang, Saya kembali kerumah orang tua untuk bersilahturahmi dengan memanfaatkan waktu, dikarenakan kesibukan dengan pekerjaan untuk mencari nafkah demi keluarga besar tercinta. Setibanya dirumah kita bercengkrama dengan obrolan yang ringan yang dapat memberikan solusi terhadap kehidupan yang kita hadapi demi kebahagian dan kebaikan bekal dunia dan akhirat. Tak lama kemudian datang lah saudara yang sudah lama tidak bertemu karena kesibukan kita masing-masing, Sambil ngopi dan makan roti kita pun menjadi asyik ngobrol. Sehingga kita tidak akan menderita dengan menunggu waktu rapat disekolah nanti yang akan dilaksanakan dalam waktu dua jam kedepan. Saking asyik nya kita ngobrol dan minum kopi waktupun berjalan begitu cepat, sehingga kitapun tidak menyadari bahwa pukul 09:00 untuk rapat sekolah akan segera tiba 15 menit lagi. AKhirnya saya pun berpamitan kepada orang tua dan saudara untuk mengikuti rapat sekolah yang akan dimulai sebentar lagi, akhirnya sayapun bergegas untuk pergi menuju sekolah.

Setibanya disekolah gurupun menyambut dengan penuh senyum dan mempersilahkan kita untuk masuk keruangan rapat bersama. Tapi sebelumnya kita harus mengisi daftar hadir murid yang orang tuanya datang mengikuti rapat. Setelah selesai mengisi daftar tersebut akhirnya saya diberi minuman agar dalam pelaksaan rapat tidak kehausan kata penerima tamu di muka kelas ruang rapat. Setelah memasuki aula ruang rapat ternyata saya tidak menyangka ruangan penuh dengan orang tua murid yang hadir. Sebagian besar didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga tentu saja tak heran karena setiap hari yang mengantarkan anak-anak sekolah adalah ibu kandungnya atau neneknya dirumah. Setelah semua orang tua murid duduk ditempatnya masing-masing akhirnya rapat pun dimulai oleh pembaca acara terlebih dahulu. Setelah membacakan daftar acara pelaksaan rapat. Kepala sekolah membuka penerangan dengan adanya rapat hari ini adalah menyangkut beberapa hal yang akan dibahas oleh guru sekolah dan orang tua murid. Diantara pembahasan tersebut menyangkut :
  • Penjelasan tentang Dana BOS yang diberikan pemerintah kepada pihak sekolah, yang terekam dari semua penjelesan itu adalah bahwa peranak murid diberikan dana bantuan perhari dalam proses belajar disekolah adalah 2.222 rupiah
  • Penjelasan tentang Dana BSM yang telah disubsidikan kepada masing bagian yang berhak menerima terutama fasilitas buku gratis serta prasana belajar mengajar disekolah.
  • Kemudian dibentuknya komite sekolah dengan maksud serta tujuaannya adalah bersifat informasi tentang sekolah yang harus dengan sigap dapat sampai terhadap orang tua murid yang tidak mengantar anaknya kesekolah. Sehingga dapat mengetahui perkembangan anak disekolah dan kebutuhan apa saja yang dapat menunjang proses belajar dikelas. Sehingga guru dapat dengan mudah memberikan mata pelajar dikarekan prasana sudah tersedia dengan komplit.
  • Lalu akan diadakan pembangunan musolah untuk murid yang beragama islam bila waktu sholat telah tiba terutama di waktu shalat Dzuhur. Sehingga tertanam rasa kemandirian anak untuk menerapkan ajaran agama demi kebaikan kehidupan disekolah dan diluar sekolah. Sikap dan tingkah laku menjadi peranan dalam kehidupan bermasyarakat nanti bila sudah berada ditengah dan pergaulan sosial di masyarakat. Bisa bergabung demi kemajuan kampung halamannya dan memberikan ilmu yang telah didapat disekolah dan diterapkan dilingkungan dimana dia berada. Sikap dan soritauladan yang baik bila tertanam sejak kecil tidak akan mengubah dia dimasa depanya kelak, sehingga diharapkan akan membangun kampung halamannya dengan baik terlebih lagi untuk bangsa serta negerinya tercinta.
  • Akan berubah kembali tentang kurikulum belajar disekolah dari sistem baru yang sekarang sedang berlangsung adalah Kurtilas kembali lagi ke kurukulum 2006. Makanya dari pada itu bila kembali pada kurikulum 2006 panduan buku untuk proses belajar mengajar disekolah harus disiapkan kembali dengan extra cepat. Disebabkan buku pelajaran kurikulum 2006 tersebut di toko-toko buku, sudah tidak banyak dijual. Dengan rapat ini dan dibentuknya komite sekolah guru dan orang tua murid diharapkan dalam jangka waktu cepat dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi pihak sekolah.
  • Kemudian dibahas pula tentang sekolah yang kekurangan guru mengajar, makanya pihak sekolah merekrut guru-guru honorer yang penggajian disesuaikan dengan ketentuan yang telah ada. Selain guru honorer sekolah membutuhkan untuk bagian tata usaha, serta penjaga sekolah.
Dari berbagai point diatas dibahas dengan cermat oleh pihak Kepala Sekolah sehingga dapat memberikan penjelasan yang akurat dan transfaran untuk semua pihak dapat membantu dalam kegiatan proses belajar siswa baik di sekolah dengan waktu yang cukup terbatas. Masuk pukul 07:00 pulang sekolah 13:00 makanya dari itu pihak sekolah memberikan waktu lebih untuk belajar yang biasa disebut les selama 1 jam. karena diharapkan dapat memberikan lebih ilmu buat anak didiknya sebagai regenerasi dan penerus bangsa ini. Bagaimana dengan waktu belajar atau les ini apakah ada dana khusus dari pemerintah apakah keikhlasan dari orang tua murid, tentang hal tersebut diserahkan kembali dalam forum.