Baligo Promosi Iklan yang Menjanjikan

Baligo
Promosi iklan sekarang banyak menggunakan berbagai macam media, ada yang menggunakan media visual, audio, serta audio visual. Untuk saat ini yang terlintas dipikiran adalah mengenai Baligho yang dengan tampilan gambar dan tulisan yang besar-besar sehingga dari jarak jauhpun sudah terlihat dengan jelas. Apa gerangan yang akan ditawarkan oleh display tersebut, ukurannya pun beraneka ragam bentuknya sesuai dengan tata letak penempatan iklan tersebut dipasang. Tapi biasanya Baligho dipasang pada tempat-tempat yang strategis serta ramai pengunjungnya. Sehingga informasi yang ingin disampaikan lebih dekat dan langsung dengan mudah dicerna oleh konsumen lalu diingat dalam benaknya. Maka tak heran bila anak kecilpun bisa cepat menghapal dan menirukan apa yang tertera di baligho tersebut. Anak kecil lebih apreasi dan tanggap dengan apa yang dilihatnya, dia secara langsung menanyakan dan ingin mengetahui lebih dengan apa yang dia lihat. Alangkah lebih baik dan bijak, bila dalam pengiklanan ditampilkan hal-hal yang membawa dalam kebaikan, sehingga secara tidak langsung telah mengajarkan anak-anak dibentuk dalam norma-norma kebaikan pula.

Bagaimana bila dalam baligho ditampilkan nuansa ibu pertiwi, sehingga anak cucu kita lebih akrab dan mengenal akan negerinya sendiri. Karena Negeri kita sangatlah luas dan beraneka ragam dalam berbagai hal, contoh kecil saja dalam menu makanan ada soto betawi, soto bandung dan masih banyak lagi sehingga tidak dapat dipaparkan satu persatu. Baligho merupakan bacaan penting yang tidak dapat dielakan, dia sering dilihat terutama pada saat kendaraan mengalami macet.

Maka secara tidak sengaja sambil menunggu arus lancar kembali informasi yang ada di baligho bisa langsung dibaca dan dicermati. Sebab itu informasi di baligho singkat serta padat. Harus mudah dicerna sehingga melekat dalam benak dan tidak mudah dilupakan. Baligho dengan ukuran besar dan tampak gambar menarik yang saling interaktif dalam komunikasi timbal balik terhadap kedua belah pihak. Enaknya Baligho mempunyai space yang cukup luas sehingga kita bisa menampilkan apa saja dalam ruang yang telah disediakan. Dengan ditambah sosok aktris atau aktor yang jadi modelnya tambah deh iklan tersebut langsung diserap oleh daya ingat dikepala ini.

Baligho bisa juga dijadikan tempat belajar informal tentang kebudayaan, seperti halnya kekayaan alam yang menjadikan maskot bagi sumber penghidupan didaerah tersebut, seperti batik yang banyak menyebar diwilayah negeri ini. Sehingga batik dijadikan kebiasan dalam berpakaian dalam melestarikan budaya hasil bangsa agar tidak punah. Pada tiap hari jum'at disarankan untuk mengenakan pakaian yang bercorak batik sehingga terlihat keunikan dan kekayaan masing-masing tiap daerah. Saya senang menggunakan batik berwarna merah dan biru khas sunda, tapi bila berkunjung keyogya tidak lupa untuk membeli batik karya daerah di jawa.

Bentuk baligho bila dilihat mempunyai tiang besi bulat yang kuat tertancap kedalam tanah untuk pondasi yang lebih kuat, kemudian dibelakang tiang bulat terdapat pijakan kaki untuk memanjat guna menempelkan informasi yang akan diberikan. Diatas terdapat flat tebal dan kuat untuk alas tempelan sehingga menjadi tertata rapih saat akan diikat kepada tiang-tiang untuk diikatkan. Kemudian dipasang lampu sorot dalam penerangan dikala senja atau malam tiba, sehingga berfungsi bila dalam keadaan gelap pun bila ada penerangan informasi yang diberikan dapat di baca dan dilihat langsung oleh orang yang berlalu lalang diarea baligho tersebut. Kadang terdapat nomer telepon bila masa tayang promosi telah habis, dengan tulisan yang cukup jelas sehingga mudah untuk disalin dalam buku atau handphone nomer yang penting untuk dihubungi bila ingin memasang atau memperpanjang masa tayang.