Gantungan Pengamanan untuk Kunci Motor, Biar tidak Jatuh ...

Gantungan Kunci
Hai rekan smua, lagi baca yach artikel yang baru direlease sekarang. Tuh kan ketahuan he he he .... , untuk saat ini penulis ingin mengungkapkan betapa sangat bergunanya gantungan kunci pada motor yang telah mengalamai kerusakan atau slek yang tidak baik seperti saat kita membeli motor yang baru segala-galanya. Kunci motor bisa rusak disebabkan berbagai hal, pada saat musim hujan yang tidak kita ketahui saat akan turunnya. Kunci terkena air hujan disaat kita menaiki motor, lalu kita mengeluarkan kunci dan terkena atau basah terguyur air hujan, kemudian kunci dimasukkan kembali. Dari hal tersebut bisa saja air hujan bersifat korosif terhadap kunci didalamnya. Bila motor kita terkena air hujan dalam jumlah cukup banyak biasanya resapan air pasti akan masuk kesela-sela pada bagian yang ada pada motor. Tidak luput dari kunci motor yang mempunyai lubang untuk keluar masuk menghidupkan dan mematikan mesin. Sehingga aliran air pasti meresap dan ada, lama kelamaan pasti akan menjadi berkarat bukan, bila tidak diperhatikan dan dirawat akan timbul hal seperti itu. Karena aktifitas kita berbeda-beda dengan kesibukan yang kita kejar baik pekerja, atau yang lainnya.

Untuk meminimalisir kerusakan akibat karat alangkah lebih baik, kita membuat jadwal sendiri untuk merawatnya. Hal yang pernah di lakukan dan masih berjalan sampai saat ini, biasanya saya menggunakan minyak goreng dalam menanganinya. Saya ambil minyak goreng seperlunya saja kemudian dilumuri pada kunci lalu coba keluar masukan kunci tersebut, biasanya keluar cairan warna hitam akibat pencampuran minyak goreng dan kotoran karat dalam kunci. Setelah terlihat keluar usaplah cairan tersebut dengan menggunakan lap kering biar tidak mengotori bagian motor yang lainnya.

Saya lakukan biasanya sebulan sekali, mungkin rekan semua mempunyai jadwal yang berbeda-beda bukan. Setelah melakukan hal tersebut biasanya kunci akan menjadi lancar dan tidak mengalami mandek saat dimasukkan karena kotoran yang ada telah keluar. Adapun yang menyarakan dengan menggunakan sedikit oli, bisa dijadikan alternatif pilihan bila minyak goreng tidak tersedia dirumah. Dengan bertambahnya usia motor yang kita kendarai, tidak menutup kemungkinan dari berbagai macam spare part pada motor pasti ada yang rusak bukan. Nah demikian juga dengan kunci motor. kadang kunci tersebut tidak bisa mengait kuat seperti sebelumnya, alternatif bisa menggunakan gantungan kunci yang panjang untuk mengaitkan agar tidak jatuh saat melaju di jalan. Contohnya bisa dilihat pada gambar diatas, itu yang saya terapkan pada kunci yang telah tidak berfungsi normal.

Bentuk gantungan kunci sangat banyak jenisnya, bila mengenai penampilan saya serahkan kepada para pengguna. Karena yang saya liat bentuknya unik dan bagus-bagus bila kita berbelanja pada tempat aksesoris kendaraan bermotor. Tapi ada juga bila kita membelinya dimal-mal yang banyak dengan berbagai macam kebutuhan sehari-hari untuk pembeli. Karena saya pernah melihat disaat membutuhkan aksesoris handphone, terselip berbagai macam gantungan tali untuk kunci. Tapi ada juga untuk tali Handphone anda loh, disana banyak pernak pernik yang sangat dicari oleh para pembeli yang memerlukannya. Bila ditempat anda tida ada aksesoris motor khusus, disarankan untuk pergi ke mal aja biar kita mudah mendapatkannya.

Hal yang pernah dialami sewaktu menggunakan motor pinjaman, yang mempunyai kunci motor suka lepas sendiri. Saya sempat kaget karena ditakutkan hilang, bila tidak apa double atau kunci cadangan. Disaat itu ketika mendapatkan hal mendadak untuk dituju, kendaraan yang ada hanya motor adik dirumah. Kemudian saya meminjamnya, tanpa bertanya apa ada masalah yang terhadap motor yang akan dipinjam. Pada saat menghidupkan motor sih aman dan lancar aja tidak menimbulkan kecurigaan, tetapi setelah melaju motor tersebut dan melintasi polisi tidur atau penghalang jalan biar tidak melaju cepat. Otomatis motor mengalami guncangan kuat sehingga saat akan digas dengan kecepatan lebih, secara tidak terduga kunci tersebut terlepas dan langsung jatuh. Untung mata masih refleks melihat akan kunci yang jatuh, lalu membawa motor kepinggir agar tidak menghalangi kendaraan yang ada dibelakang. Setelah menepi ditempat yang aman dan tidak mengganggu jalur pengemudi. Akhirnya mengambil kunci yang berada dekat dengan polisi tidur pada saat jatuh. Lalu setelah mengalami hal itu, saya tidak mau kecolongan lagi. Kunci motor saya masukkan pada saku celana, karena dikhawatirkan jatuh yang kedua kalinya.

Setelah pulang dari tempat tujuan, kemudian berpesan kepada adik untuk menggunakan gantungan kunci supaya kunci tidak menghilang serta jatuh bila kita sedang fokus dijalanan. Maka dengan kejadian seperti itu, ada banyak guna dan manfaatnya bila kita menggunakan gantungan kunci pada motor kita yang telah rusak kuncinya. Dari secuil cerita diatas semoga menjadi inspirasi yang baik buat rekan semua.