Pria Berambut Panjang di Dunia Oleh Kakek Tua


Tran Van Hay

Bila kaum pria biasanya jarang mempunyai rambut panjang seperti kaum wanita, karena menurut kaum pria panjang sedikit biasanya gerah dan menghalangi aktivitas yang mereka lakukan tapi ada pula yang menyenangi rambut panjang pula. Seperti halnya Tran Van Hay yang mempunyai rambut panjang, Dia memanjangkan rambut di kepalanya diperkirakan sudah 50 tahun. Coba tebak sendiri memanjangkan rambut selama itu bisa sampai bawah kaki kali yah. Selidik demi selidik ada dua orang pria yang juga memiliki rambut panjang.

Xie Qiuping dari Cina yang memiliki rambut dan diukur sekitar tahun 2004 dengan panjang 5,6 meter. Tran Van Hay dari Vietnam mempunyai rambut dengan panjang 6,2 meter yang diukur sekitar tahun 2006. Sudah terlihat dengan jelas bahwa rambut terpanjang dimiliki oleh pria yang berasal dari Vietnam yaitu Tran Van Hay. Bila rekan ingin menyaingi rekor Tran Van Hay silahkan coba dari sekarang mumpung masih banyak waktu he he he .... Tapi menurut informasi Tran Van Hay, tidak tertarik dirinya untuk di masukkan dalam catatan rekor resmi di dunia.

Rambut Tran Van Hay menurut isterinya Nguyen Thi Hoa, karena bila rambutnya dipotong dia pernah jatuh sakit. Maka dari itu mulailah dia memanjangkan rambutnya selama lebih dari lima puluh tahun. Bila cerita yang terdengar unik dari Tran Van Hay ialah bila ia akan naik motor ojek. Tidak ada model helm yang bisa memuat rambutnya bila ingin mengenakan helm di kepalanya. Makanya kadang ia memilih bila ingin naik ojek karena rambut yang dimiliki takut mengganggu si pengendara ojek. Ternyata rambut panjang itu berat juga yah, dia biasanya menutupi dengan syal untuk rambutnya yang akan di gulung diatas kepalanya.

Ada cerita lain Tran Van Hay berhenti untuk memotong rambut ketika dia bersama isterinya mempunyai anak pertama dan menurut kepercayaan yang mereka anut bertujuan untuk menghindari supaya tidak mudah terkena penyakit. Kakek tua yang telah berusia 79 tahun yang bertempat tinggal di Provinsi Kien Giang, Vietnam Selatan, melakukan aktivitas sehari-hari sebagai tukang obat. Dengan menjalani hidup sederhana ini mereka tampak bahagia sampai umur menjemputnya. Cerita kakek yang memiliki rambut panjang dan gimbal ini sekarang tinggal cerita karena Tran Van Hay telah meninggal dunia. semoga kebaikan yang diberikan menjadi amal bagi dirinya selama hidup dan bekal untuknya di alam baka. Selamat jalan Tran Van Hay namamu akan selalu terkenang dengan kebaikanmu.

(Berbagai Sumber).