Bayi Terberat di Madura Indonesia

Bayi terberat
Ibu Hj Aminah sedang menyusui bayi terberat di Madura, Indonesia.

Setiap pasangan yang telah menikah mengharapkan keturunan yang didambakan sebagai keturunan yang dapat memberikan kehidupan yang lebih baik lagi dimasa sekarang dan masa depan. Pada umumnya wanita yang mengandung melahirkan pada usia kandungan 9 bulan namun kadang ada yang dibawah atau diatas bulan yang normal. Hal itu terjadi karena sudah suratan bagi setiap wanita yang mengandung, pasti tidak akan sama semuanya. Bayi yang terlahir nanti ada yang berharap perempuan atau pria sebagai anak pertama, tapi dibalik semua itu yang pasti diharapkan adalah bayi terlahir sehat dan selamat beserta ibunya bukan.

Namun dari informasi yang dicari telah terlahir bayi dengan berat yang menjadi nomor satu di Indonesia, Bayi tersebut terlahir dari pasangan suami isteri Iptu Soemanto (47) serta Hj Aminah (45). Merupakan anak yang keenam dari keluarga Pak Soemanto, lahir di Pamekasan, Madura. Berat bayi sewaktu lahir 6 kg dengan memiliki tinggi postur tubuh 75 cm. Singkat cerita pengalaman Ibu Hj Aminah sewaktu melahirkan bayi keenam tersebut ialah disaat melahirkan jabang bayi tersebut dilahirkan tanpa tali pusar serta tanpa meninggalkan bekas luka. Sungguh merupakan keajaiban yang bahagia pada keluarga Aminah dengan usia yang dikhawatirkan untuk melahirkan.

Ibu Aminah mengandung bayi tersebut selama 12 bulan, tidak seperti kandungan ibu pada umumnya. Biasanya bayi berada dalam kandungan ibu berkisar antara 9 bulan 10 hari. Hal aneh banyak terjadi sewaktu bayi akan terlahir, selain lahir tanpa tali pusar. Bayi keenam ini terlahir tepat dengan berlangsungnya hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus, hari senin pagi hari. Terlahir di Kampung Rongkarong, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota Pamekasan, Madura, Indonesia.

Bayi tersebut menjadi berita yang menggegerkan kampung, karena ibu yang telah melahirkan tidak ada yang mempunyai bayi dengan berat dan sebesar itu. Sungguh tidak dapat dibayangkan rasanya saat mengandung dan diwaktu melahirkan bayi dengan kondisi tubuhnya yang super besar pada umumnya anak telahir di Indonesia. Bayi terlahir tidak dibantu dengan bantuan medis atau pun bidan, pada proses persalinan dilakukan dirumah kediaman ibu Hj Aminah.

Menurut catatan khusus dari MURI (Museum Rekor Indonesia) bayi terberat lahir di Indonesia adalah bayi yang bernama Ardyan Angga Pramudya. Bayi yang telahir dari pasangan Susetyo TS dan Sri Kushardiyat yang berasal dari Karanganyar, Jawa Tengah. Dilahirkan dengan berat 6,870 Kg dengan panjang postur tubuh 69 cm serta lingkar kepala 40 cm, tercatat dalam publikasi di MURI pada tanggal 7 Oktober 2008.

Untuk catatan lain terutama di dunia yang terangkum dalam sejarah Guinness Book Of World Records, Bayi terberat lahir dengan nama Anna Bates dari Negara Canada, dengan berat bayi 10,8 kg terlahir pada tanggal 19 Januari 1879. Bayi tersebut lahir dengan nama yang belum dikukuhkan terhadap dirinya, bayi meninggal 11 jam setelah dilahirkan bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki. Rekor terberat bayi sewaktu lahir sampai saat ini masih dipegang oleh bayi tersebut, rekornya belum ada yang memecahkan.
Sumber indospiritual.com