Bukit Mengepul Penuh Asap Tapi Bukan Kebakaran

Bukit Merokok
Batu Vulkanik yang menyebabkan bukit mengeluarkan asap

Tim Ekspedisi khusus oleh Kapten Laut Inggris yaitu Robert McClure yang telah mendekati area muara sungai Horton di laut Beaufort dekat Cape Bathurst berada di Negara Kanada wilayah barat laut, dari kejauhan terlihat kepulan asap dari bukit. Kemudian mengirim anak buah kapal untuk turun dan menyelidikinya secara dekat, kepulan asap dari mana itu muncul. Karena Ia ditugaskan untuk mencari seseorang yang belum kembali selama lima tahun yang bernama Sir John Franklin, ditakutkan Franklinlah yang membuat asap tersebut.

Setelah mendekat dan di amati bahwa asap tebal yang keluar dari bukit tersebut terlihat dipermukaan, disebabkan adanya ventilasi didalam tanah. Anak buah kapal kembali membawa sampel untuk dianalisa dari bebatuan yang membara seperti api. Setibanya krue kapal tiba lalu meyerahkan sampel kepada McClure yang diletakkan diatas meja, kemudian langsung membakar dan membuat lubang di kayunya tersebut.

Dalam pengamatan terhadap bukit berasap ternyata dataran bukit tersebut mengandung akan kekayaan sulfur lignit atau brown coal, yang dapat menyala secara langsung serta spontan ketika area bukit terkikis dan mineral terkena udara langsung. Nah dari situlah McClure memilah-milah pada pengelompokan bebatuan tersebut dalam kelompok batu Vulkanik.

Munculnya asap pada bebatuan tersebut ternyata banyak mengandung unsur Sulfur dioksida, uap air serta asam sulfat yang semuanya sudah diasamkan di sekitar kolam yang dangkal sehingga menciptakan lubang khas biota asam, berbeda dengan daerah di Arktik.

Sumber balabala10.com