Kereta Cepat Kelas Argo Di Indonesia

Kereta Cepat
Salah satu kereta cepat kelas Argo yang ada di Pulau Jawa.

Di Indonesia kereta api merupakan satu pilihan alternatif transportasi yang diminati oleh masyarakatnya. Walau dibilang dalam saat ini belum memiliki kereta apai super cepat seperti yang dimiliki oleh Negara Jepang, Jerman ataupun Prancis. Di Jepang terkenal dengan kereta api super cepat Shinkansen, sedangkan di Pancis sendiri terkenal dengan kereta api super Cepat TGV. Tetapi semua itu patut di syukuri Indonesia masih memiliki kereta api yang cepat juga mumpuni dalam pengoperasiannya, dengan keterbatasan sarana dan tekonologi saat ini.

Menurut informasi resmi yang diberikan oleh PT Kereta Api Indonesia yang dikenal dengan KAI terdapat 8 kereta api cepat yang ada saat ini dalam kelas Argo yang diantaranya ialah :

  1. Kereta api Argo Wilis (Bandung-Surabaya) jarak tempuh 699 km dalam waktu 11 jam.
  2. Kereta api Argo Sindoro (Gambir-Semarang) jarak tempuh 445 km dalam waktu 5 jam 30 menit.
  3. Kereta api Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) jarak tempuh 173 km dalam waktu 3 jam.
  4. Kereta api Argo Muria (Gambir-Semarang) jarak tempuh 445 km dalam waktu 5 jam 30 menit.
  5. Kereta api Argo Lawu (Solo-Gambir) jarak tempuh 576 km dalam waktu 7 jam 30 menit
  6. Kereta api Argo Jati (Gambir-Cirebon) jarak tempuh 219 km dalam waktu 3 jam.
  7. Kereta api Argo Dwipangga (Gambir-Solo) jarak tempuh 576 km dalam waktu 8 jam.
  8. Kereta api Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) jarak tempuh 725 km dalam waktu 9.5 jam.

Ada satu kabar yang menggembirakan dari perkereta apian di Indonesia, nantinya akan diwujudkan kereta api cepat yang akan di proyeksikan. Proyek Kereta Api Trans Sulawesi yang cukup menarik untuk di terapkan dalam sarana perkeretaapian kita. Waktu tempuh dari kereta api yang telah ada memiliki kecepatan dengan jarak tempuh 100 km/jam. Untuk proyek Kereta api yang baru disebutkan bahwa memiliki kecepatan dengan jarak tempuh 200 km/jam.

Kereta api cepat tersebut akan muncul membawa suasana baru di Makasar dengan mempunyai daya tampung yang lebih besar dari kereta api yang ada di pulau Jawa. Proyek Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3Ei) memperkirakan pembangunan tersebut akan terealisasi pada tahun 2017, dalam perencanaannya tersebut akan menempuh jarak kurang lebih 145 km serta mempunyai 23 Stasiun.

Dari berita serta wacana yang digemborkan pada waktu yang telah lalu bukan tidak mungkin di Indonesia akan memiliki kereta api super cepat pula. Dengan fasilitas yang nyaman dan aman bagi semua pihak yang terkait, terutama kepada para penggungan jasa transportasi kereta api ini. Kita harus selalu optimis dari hari ke hari akan membawa suatu perubahan demi kebaikan semua pengguna jasa kereta ini, dengan memiliki kereta super cepat seperti di Negara Jepang, Jerman dan Prancis yang telah lebih dulu maju dalam teknologi Perkeretaapian.

Terlampir beberapa photo Kereta Api Super Cepat di negara Jepang dan Prancis tersebut.
Kereta Super Cepat Shinkansen
Kereta Api Shinkansen Jepang.
Kereta Api Super Cepat TGV
Kereta Api TGV Prancis.